Tips Menghadapi Ujian Nasional (Ala Setiaonebudhi) !!

Waktu sekolah dulu, gue sempat (nyaris) dibuat depresi oleh sesuatu yang namaya UN (Ujian Nasional). Saat itu kata “UN” seolah-olah menjadi sebuah momok yang sangat menakutkan bagi gue (dan mungkin bagi beberapa teman gue juga). Dan hal ini nyaris saja membuat level ketampanan gue menurun drastis. OMAYGAAAAATTT…!!

UN

Ini dia selembar kertas yang akan membuat para peserta UN merasa seperti di Neraka untuk beberapa waktu kedepan.

Rasanya tidak ada momen lain yang lebih menegangkan bagi siswa sekolah selain momen ujian. Karena pada saat itulah kemampuan kita akan di uji dalam menjawab puluhan soal yang menghujam jantung kita #eaaaa. Dan sebagai seoongok makhluk yang pernah mengalami manis dan getir nya Ujian Nasional, gue sebagai admin blog yang cupu ini ingin berbagi TIPS pada semua orang yang sebentar lagi akan menghadapi UN. Yaaa, seperti kita tahu kalau pada hari Senin nanti (16 April 2012) semua peserta UN akan “disiksa” oleh puluhan soal yang harus mereka jawab tanpa ampun.

Sebelum gue mulai berbagi TIPS ini, gue sarankan kalian untuk berfikir 7 kali turun naik gunung sebelum menerapkannya di dunia nyata. Karena gue pribadi tidak bertanggung jawab tas segala sesuatu hal yang akan menimpa kalian setelah menerapkan TIPS ini. Siaaapp ?? Here we gooooooo…

TIPS MENGHADAPI UJIAN NASIONAL (Ala Setiaonebudhi)

  1. Usahakan untuk tidur cukup, makan cukup, dan belajar yang cukup sebelum UN.
  2. Pastikan kamu sudah mandi sebelum berangkat UN agar peserta UN yang lain tidak merasa terganggu dengan bau badan lu yang super duper memprihatinkan.
  3. Jangan lupa menyiapkan “seperangkat alat UN” seperti : pensil 2B, penghapus, papan dada, penggaris, box make-up, tissue basah, dan bulu mata anti badai #eaaa.
  4. Sebelum berangkat UN, pastikan lu sudah mohon do’a pada orang tua, kakek, nenek, paman, bibi, tetangga, RT dan RW setempat.
  5. Saat mau masuk ruangan UN, usahakan yang pertama masuk adalah kaki kanan kalian. Kenapa ? Karena bila yang pertama masuk adalah pantat kalian itu akan terlihat sangat aneh.
  6. Pastikan tempat duduk dan meja kalian ada di ruangan UN. kalo nggak, masa kalian mau ngerjain soal sambil lesehan T_T
  7. Saat pengawas UN masuk ke ruangan, bersikaplah tenang. Jangan menujukan wajah tegang. Apalagi kalau sampai menunjukan wajah kebelet boker. Uuuhh, nggak banget kan.
  8. Jangan lupa berdo’a sebelum mengerjakan soal. Misal : Ya Tuhan, jodohkanlah hamba-Mu ini dengan Afika. Amiin. (Do’a macam apa iniii ???) *timpuk asbak*
  9. Pastikan pensil 2B kalian sudah diraut sampai tajam. Untuk mengetest tajam atau enggak, kalian bisa coba colokan pensil itu ke mata teman kalian.
  10. Saat pengawas membagikan lembar jawaban, isilah dengan biodata kalian terlebih dahulu. Sekedar saran : Untuk bagian jenis kelamin, cara mengisinya jangan di gambar. Cukup pilih L atau P.
  11. Sebelum mulai mengerjakan soal, usahakan untuk mengingat-ingat hal yang bisa membuat kalian lebih bersemangat. Misal : ingatlah momen pas lu lagi makan tahu gejrot sama mantan #eaaaa #gagalMoveOn
  12. Selama mengerjakan soal, usakan untuk tidak mengeluarkan suara-suara yang mencurigakan. Contoh : Suara desahan yang membabi buta (eh, ini lagi ujian atau lagi apa siiih ?? )
  13. Jangan mengharapkan adanya bocoran kunci jawaban. Karena kunci jawaban untuk UN tahun ini sudah di tambal pake AQUAPROOF T_T #KorbanIklan
  14. Untuk para siswi, jangan pernah membuat contekan di paha. Apalagi bikinnya di paha pengawas. T_T
  15. Kalau kalian ketahuan nyontek, usahakan untuk mengalihkan perhatian pengawas. Contoh : Lihat paaak, ada banci di gigit tomcat !!
  16. Kalau kalian ketahuan nyontek lagi, bersikaplah tenang dengan cara sebutlah nama lengkap admin sebanyak 3 kali. #eaaaa #Siap2DikeroyokSiswa
  17. Biasakan untuk membaca soal dengan seksama agar tahu apa yang sebenarnya ditanyakan. Bila perlu baca ulang soal itu sampai 3.956 kali.
  18. Kalau tempat duduk lu ada di depan meja pengawas, usahakan untuk pasang tampang sejelek-jeleknya agar pengawas gak betah ada di depan lu.
  19. Bila kalian merasa lelah saat mengerjakan soal, cobalah untuk melakukan senam kegel supaya otot-otot seputar selangkangan menjadi rileks (tips macam apa ini ??)
  20. Bila pengawasnya bertampang MAHO, jangan ragu-ragu untuk berpura-pura MAHO juga. Niscaya UN kalian akan berjalan lancar.
  21. Bila ada teman yang maksa minta kunci jawaban, jangan di hiraukan. Anggap saja dia adalah siluman trenggiling yang sedang menyamar jadi peserta UN.
  22. Bila menemukan soal yang sangat sulit, skip saja dulu. Bila semuanya terasa sulit, ya itu sih DERITA LU.
  23. Bila sudah selesai mengerjakan semua soal, periksalah kembali. kalau perlu, cocokan dengan lembar jawaban teman (eh?)
  24. Bila semua sudah beres namun sisa waktu masih banyak, gunakanlah waktu itu sebaik-baiknya. Misal : ajaklah pengawas untuk berjoget Iwak Peyek agar suasana lebih akrab.
  25. Saat bell berdering, kumpulkan lembar jawaban kalian dan segera tinggalkan ruangan UN. Jangan lupa untuk cipika cipiki dulu pada pengawas #eaaa.

Okeh, mungkin segitu dulu tips menghadapi UN dari gue. Sekali lagi gue mengingatkan untuk berfikir ribuan kali untuk menerapkan tips ini. Karena tips ini hanya bisa dilakukan oleh orang-orang dengan tingkat ke-stress-an di atas rata-rata. Tips ini hanyalah rekayasa belaka (namun beberapa ada yang nyata). Jangan terlalu ditanggapai apalagi sampai dijadikan pedoman hidup. Celakalah kalian bila hal itu terjadi. Muahahahaha.

Sekian dulu untuk postingan gue kali ini. Sampai bertemu lagi di postingan-postingan (gak jelas) lainnya. Akhir kata gue ucapkan Wasalam dan terima gaji.

Klik like DISINI untuk mengetahui update blog ini melalui Facebook.
Follow juga twitter gue di @setiaonebudhi

Recent Post :

Lihat tulisan lainnya di Daftar Isi

Written by 'setiaonebudhi'.png

89 responses to “Tips Menghadapi Ujian Nasional (Ala Setiaonebudhi) !!

  1. jiaaah uda buat SmA sekarang SmP brot..
    Ada icon untuk Gravity lagi niih
    brianraga.wordpress.com/2012/04/21/icon-symbian-for-gravity-2-50-by-brianragar-rubah-icon-gravity-mu/

  2. gan cara buat posted by : gimana..
    yg ada gambar di ujung postingan ( tanta tangan) kalau tau komen di blog saya ya🙂 maklum newbie

  3. satu lg nie tips’y…

    jngan lupa bw yg nulis tips ini biar para pngawas pd ktawa ampe pingsan dan alhasil kalian smua sukses nyontek isi jwabah #beuh*….
    wkwkwkwkw….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s