Sedikit Ketegangan Di Hari Kemerdekaan !!

Satu hal yang gue suka saat menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia (di kampung gue sebutnya Agustus-an) adalah berdirinya tiang tiang bendera di sepanjang jalan. Mau jalan raya, jalanan komplek, gang, sampe di jalan tikus juga ada. Semuanya berdiri tegak menopang bendera kebangsaan kita, sang Merah Putih !!

Pernak pernik lain seperti rumbe rumbe, umbul umbul, gapura, dll pun menambah kemeriahan di hari kemerdekaan ini. Yaah walaupun kadang pernak pernik itu malah membuat kita sakit mata karena tata letaknya yang tidak teratur. Yang ada bukannya kesan meriah, tapi jadi kayak lokasi bencana angin tornado. Huahuahuah.

Kalo ngebahas soal Agustus-an, gue jadi inget waktu gue masih SMP. Jangan heran, gini gini gue juga sempat nginjek bangku SMP lho..!! Itulah sebabnya otak gue agak sedikit koclak. Soalnya orang lain tuh pada duduk di bangku SMP, tapi gue malah nginjekin tuh bangku. #nenggakracun

Waktu SMP, selama 3 tahun gue aktif di organisasi PASKIBRA !!
A : Do you know PASKIBRA ??
B : Pasukan Pengibar Bendera !! Benerkan ??
A : Jyaaah, kalo gitu jadinya PASPENGBRA doonk.. #jambak
B : Laaahh, terus apaan ??
A : eeeuu, bentar, gue buka buku dulu..
B : buhsyeet dah.. #ColokPakeKonde

Well, PASKIBRA itu sebenarnya adalah Pasukan Kibar Bendera. Tapi kebanyakan orang mengartikannya sebagai pasukan pengibar bendera. Hmm, tapi tak apalah, yang penting kan maknanya tetap kesana. Asal jangan disebut Pasukan Pengibul Bendera aja. Huahuahuahua.

https://i1.wp.com/gakuseinb.blog.com/files/2011/05/paskibra3.jpg

Selama 3 tahun berkiprah (ceilee), gue cuma sekali merasakan gimana rasanya suasana pengibaran bendera yang sesungguhnya. Tapi walaupun cuma sekali, itu cukup menorehkan banyak kenangan dalam hidup gue (wuidiih, dalem banget dah).

Selama 1 bulan kebelakang sebelum tanggal 17 Agustus tiba, gue dan anggota PASKIBRA lainnya di gojlok habis habisan. Tiap pulang sekolah langsung latihan pengibaran, mulai dari gerakan dasar PBB, formasi barisan, dll. Di hari minggu pun saat yang lain lagi pada asik main, gue tetap mesti latihan di bawah teriknya sinar matahari ampe kulit gue gosong. Alhasil pas gue pulang ke rumah, nyokap ampe gak ngenalin gue. Dikiranya gue tuh si Keling, anak tetangga yang kulitnya emang super duper gelap. Bwahahahaha. Yah, tak apalah, asal jangan sampe nyokap gak bisa bedain mana anaknya, mana pantat panci. Beuh, parah banget kalo kayak gitu.

Tapi semua itu gue anggap aja sebagai salah satu pengorbanan kecil gue untuk bangsa ini. Gue rela 1 bulan panas panasan demi kelancaran pas hari-H nanti. Walopun nantinya gue jadi dapet predikat bocah belang, kepala, leher, pundak pada item, dan sisanya putih. Kalo di liat liat udah kayak kuda zebra yang lagi mens (lho?). Tapi gue tenang aja, tinggal berendem di air Rin*o, dan kulit gue pun kembali putih. Yeaaahh.

Singkat cerita, akhirnya sampai juga di tanggal 17 Agustus. Perasaan senang, tegang, takut, semuanya bercampur jadi satu. Saking tegangnya, entah berapa kali gue mondar mandir ke toilet. Kayaknya tuh orang yang jaga toilet juga ampe bosen ngeliat tampang gue yang lagi kebelet pengen pipis.

Upacara pun di mulai. Semua anggota PASKIBRA berbaris di bagian paling kiri. Gue udah gak bisa lagi bolak balik ke toilet. Jadi mesti pintar pintar mengendalikan si Junior agar tidak memuntahkan isinya di semabarang tempat. Bisa bisa gue malu ampe 7 turunan dah kalo ampe ngompol pas upacara pengibaran.

Suasana pengibaranpun berlangsung dengan khidmat. Sampai tiba akhirnya sang pembawa acara mengucapkan “Pengibaran Bendera Merah Putih, Di Iringi Lagu Kebangsaan Indonesia Raya” !! Buhsyet dahh, udah mulai nih. Sebisa mungkin gue berusaha memfokuskan fikiran. Gak boleh menoleh kiri kanan, dan yang harus gue dengarkan adalah komando dari Danton.

Prak prak prak prak. Langkah demi langkah kami mulai memasuki tengah lapangan. Formasi barisan yang kami perlihatkan cukup bisa menyihir para peserta upacara untuk terus memperhatikan kami. Sampai tiba saatnya pengibaran bendera. Disini gue gak berani melihat. Takut banget kalo nanti pas bendera nya dibuka, eeeh malah kebalik atau kusut. Omaygat, bisa bisa gue dan yang lain pada di gantung di pohon toge.

Tapi alhamdulillah, saat bendera di buka semuanya lancar jaya aman sejahtera. Dan pemimpin upacara pun mengomandokan untuk hormat kepada bendera merah putih, sambil di iringi lagu kebangsaan Indonesia Raya.

https://setiaonebudhi.files.wordpress.com/2011/08/bendera.jpg?w=300

Perasaan gue saat itu benar benar campur aduk, ada senang, terharu, lemes, panas, gerah, dll. Dan saat bendera sampai di ujung tiang tertinggi, kita pun langsung bergegas kembali ke posisi semula. Sambil berjalan, ada sedikit rasa bangga di dada ini. Yang awalnya gue gak berani menatap ke arah peserta upacara, kini gue bisa tersenyum sumringah ke arah mereka. YESSS, WE MADE IT !!

Beberapa lama kemudian, upacara pun selesai. Dari awal hingga akhir, paling upacara itu berlangsung sekitar 1.5 jam. Dan prosesi pengibarannya paling cuma 15 menitan. AAAAAARRRGHH, DAMN !! Latihan 1 bulan, tapi di pakenya cuma 15 menit. Hahahahaha.

Setelah itu acara dilanjutkan dengan karnaval arak arakan di jalan raya. Dan seluruh anggota PASKIBRA di undang untuk makan siang di Kecamatan. Wuiiihh, suatu kehormatan banget nih, kapan lagi coba gue bisa di undang secara khusus untuk makan bersama camat. Hahahahah. Baru segitu aja senangnya udah nyampe ke ubun ubun, gimana kalo di undang sama presiden. Bisa bisa gue pipis di tempat. Hahahahah.

DIRGAHAYU INDONESIA KU !! JAYALAH SELALU !! TUNJUKAN PADA DUNIA BAHWA KITA MEMANG BENAR BENAR MERDEKA !!

Image taken from Mbah Google

Klik like DISINI untuk mengetahui update blog ini melalui Facebook.
Follow juga twitter gue di @setiaonebudhi

Recent Post :

Lihat tulisan lainnya di Daftar Isi

Writed by

Posted by Wordmobi

48 responses to “Sedikit Ketegangan Di Hari Kemerdekaan !!

  1. merdeka!
    gue kepengen juga sih benernya ikut paskibra, tapi gue rada2 males, jdnya gak ikut2 deh:mrgreen:

    gak kebayang kalo pas formasi kencing ditempat😆

  2. loh kok di akhir artikel kagak ada tulisan “artikel ini dibuat dgn 2 jempol bla..bla..bla..*wkwkwkwk..

    tahun ne, 17an ga meriah ya, soalnya kita lagi dijajah oleh para Koruptor yg smkin hari semakin banyak.

  3. kalo gue boro² jadi Paskibra, ikut pramuka aja jarang. Wkakakakaka…

    Nitip, Mas : http;//wahyuchandra.wordpress.com/2011/08/17/17-agustus-tahun-empat-lima-tenonet-tenonet/

  4. oo jadi mantan paskibraka to si one.. kalo dilihat dari fotonya udah gk keling lagi kok one, pake pemutih apaan??hahahahaha😀

    MERDEKA yaa!! Dirgahayu buat Indonesia kita🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s