Sudah Benarkah AAMIIN Kita ??

Huaaahhh,, gak kerasa nih di tanggal 6 Agustus ini kita udah menjalankan puasa yang ke-6. Sejauh ini apakah masih lancar jaya aman sejahtera ?? Belum pada batal kan ?? Kalopun ada yang udah batal ya gak apa apa, asal jangan lupa aja bayar Gochenx ke gue (lho?), maksudnya jangan lupa di qodo. Hohohoho.

Well, kembali terinspirasi dari notes yang di tag oleh sahabat saya, Youdie Nirwana . Setelah beberapa waktu yang lalu di nge-tag notes tentang Berhati-hatilah Dalam Ucapan Atau Tulisan , sekarang dia memberikan tulisan tentang kata “AAMIIN” !!

Sudah benarkah AAMIIN anda ?? Di keseharian kita, pasti kita sering (atau setidaknya pernah) mengucapkan kata AAMIIN. Baik saat Sholat ataupun di kegiatan kegiatan lainnya. TAPI (ada tapinya nihh…), sering terjadi kesalahan dalam penulisannya.

Kesalahan penulisan “AAMIIN” yang sering terjadi —> diantaranya ada yg menulis : “AMIN”, “AMIIN”, “AAMIN”,bahkan tidak jarang juga ada yang menulis “AMIEN”.

Dalam bahasa Arab, ada 4 perbedaan kata AAMIIN, yaitu :

1. AAMIIN (Alif dan mim sama” panjang) yang artinya : “Yaa ALLAH, kabulkan do’a kami”.
“AAMIIN” termasuk Isim Fi’il Amr yaitu Isim yang mengandung pekerjaan. Maka,para Ulama Jumhur mengartikan dengan “ALLAAHUMMA ISTAJIB (Yaa ALLAH,Ijabahlah).
Maka, inilah yang paling kuat dibanding makna lain lainnya seperti bahwa “AAMIIN” adalah salah satu Nama dari Asma ALLAH.

2. AMIN (Alif dan mim sama” pendek). yang artinya : “AMAN,TENTRAM”.
Ini bukan Isim Fi’il. Tapi Fi’il yang ikut dalam Fi’il Tsulatsi Mujarod ikut wazan “FA’ALA YAF’ALU”.

3. AAMIN (alif panjang dan mim pendek) yang artinya : MEMINTA PERLINDUNGAN KEAMANAN.
Ini juga bukan Isim fi’il. Tapi,Fi’il yang masuk dalam bab fi’il Tsulatsi mazid ikut wazan “AF’ALA YUF’ILU”.

4. AMIIN (alif pendek dan mim panjang) yang artinya~~> JUJUR TERPERCAYA.
Ini termasuk Isim Faa’il yang ikut wazan “FA’ILUN” (selengkapnya bisa d’lihat dlm Al Amtsilatut tashrifiyyah).

Naaaaahh, lalu bagaimana dengan kata “AMIEN” ?? Hmmm, sebisa mungkin kata yang ini DIHINDARI !! Karena kata itu lazimnya di ucapkan oleh para penyembah berhala (Paganisme) setelah berdo’a. Amien sesungguhnya berasal dari nama dewa matahari Mesir kuno : Amin-Ra, atau orang barat biasa menyebutnya Amun-Ra.

Hmmm,, kira kira sudah benarkah AAMIIN kita selama ini ?? Mudah mudahan aja kita termasuk orang yang benar dalam melafadzkannya. Aamiin !!

Semoga bermanfaat.

Recent Post :

Rewrited by 'setiaonebudhi'.png

Posted by Wordmobi

58 responses to “Sudah Benarkah AAMIIN Kita ??

  1. Wah..
    Dah lama gk ngunjungi situsnya bang one nih..
    Begitu ngunjungin, ada artikel yg menarik nih..

    Bang..
    Ijin c0pas buat repost yah..
    Soalnya bermanfaat banget nih buat muslimin dan muslimat lainnya..๐Ÿ™‚

  2. tulisan ini Mirip SMS yang dikirim No Gak jelas ke Hape Gue yah! Haha mantaplah Bro semoga amal ibadahnya di terima dan puasanya lancar selama saru bulan penuh!

    Selamat Menjalankan Ibadah Puasa Semua๐Ÿ™‚

  3. Semoga yang me-repost tulisan ini u/ d bagikan kpda saudara2 muslim lain di berikan rahmat oleh Allah. aamiin. . . ya robbal allaamiin
    (udh bnr kn๐Ÿ˜‰ )

  4. Semoga yang me-repost tulisan ini u/ d bagikan kpda saudara2 muslim lain di berikan rahmat oleh Allah. aamiin. . . ya robbal alaamiin
    (udh bnr kn๐Ÿ˜‰ )

  5. itulah hebatnya bahasa arab bro,, sedikit kita merubah, akan jauh makna sebenarnya,

    makanya, klo kita emang mau menulis bhsa arab, tulislah dgn huruf arab, jgn ditulis dgn huruf latin atau huruf indo, soalnya lebih sering terjadi kesalahan,,

    jika hp atau qta sulit untuk menulis huruf arab, sebaiknya langsung tulis artinya saja, lebih pas dgn artinya.

    Contoh, jika kita menulis kata ” ALLAAHU AKBAR”, akan tetapi qta tdak sengaja mendobelkan huruf “A” di lafadz “AKBAR” yg artinya maha besar, yaitu menjadi “AKBAAR”, maka artinya akan bertolak belakang menjadi “HAID”.

    Maka dari itu, berhati-hati lah dalam menulis lafadz arab ke dalam huruf latin, kalau tidak, siap2lah kita akan diminta pertanggung jawaban atas tulisan kita di hari pembalasan nanti.

    • naaahhhh,,
      Setuju bgt tuuhh,,
      Lbh baik gunakan huruf arab langsung..
      Kalopun gak ada atau hp kita gak support ngetik bhsa arab, kita bisa coppas tulisan arabnya, trus simpen di notes
      Hehehehe,,
      5 jempol buat ean…

  6. Yang perlu dipertimbangkan, jika kita harus menulis bacaan panjang (mad) dalam bahasa arab dengan huruf dobel, apa malah gak merepotkan?. Dan segala yang kita tulis selama ini musti banyak berubah. Termasuk musti merubah ketentuan (kaidah) penulisan huruf arab ke latin yang telah dibuat sesuai EYD.

    Contohnya (sekdar tambahan diskusi saja):

    Salam (ุงู„ุณู„ุงู… ุนู„ูŠูƒู… ูˆุฑุญู…ุฉ ุงู„ู„ู‡ ูˆุจุฑูƒุงุชู‡) menjadi Assalaamu alaikum wa rohmatullaahi wa barokaatuh. Sholat (ุตู„ุงุฉ) menjadi Sholaah, Surat Yasin (ุณูˆุฑุฉ ูŠุงุณูŠู†) menjadi Suuroh Yaasiin. Bahkan nama beberapa nabi juga akan berubah, seperti Nabi Isa (ุงู„ู†ุจูŠ ุนูŠุณู‰) jadi Nabii Iisaa,. Kita juga keliru menulis nama kitab kita, Al Quran (ุงู„ู‚ุฑุขู†) yang seharusnya Al Quraan. Yang paling parah adalah kita selama ini ternyata keliru menulis nama tuhan yang biasanya kita tulis Allah seharusnya Allaah (ุงู„ู„ู‡).

    Apa malah gak repot semuanya, Bro?!

    • hmmm,,
      Thx mas untuk masukannya,,
      Ya memang sih kalo dilihat di segi kesimpelan, emang lebih baik seperti itu,
      Tapi kan secara harfiah gak ada salahnya juga kita mengetahui makna aamiin yg kita ucapkan,,
      Jadi cuma gak asal ngomong aja tanpa tau apa makna nya..
      Hehehehehe…

  7. kalo menurut gue sih bukan masalah pengucapannya, tapi keikhlasannya. Biasanya kan kalo orang doa cuma tereak ‘AMIN! AMIN! ‘ seenak jidat, padahal gak tau apa yang di doain. Blom lagi ada yang bilang ‘Amin..’ sambil ngupil.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s