Berhati-hatilah Dalam Ucapan Atau Tulisan !!

Terinspirasi dari sebuah notes yang di tag di facebook oleh seorang sahabat gue, Youdie Nirwana . Dia men-tag sebuah notes yang isinya cukup membuat gue terperangah. Kenapa gue sampai gue merasa seperti itu ?? Ini karena isi dari notes itu adalah peringatan untuk kita agar lebih berhati hati dalam ucapan ataupun tulisan kita. Ingin tau ?? Yuk kita simak.

Berhati hatilah kalian saat kalian sedang berucap atau menulis. Hindari kata kata seperti ASS, ASSKUM, MOHD, MOSQUE, 4JJI, MECCA !! Biasanya kita sering mengucapkan atau menulis kata kata tersebut, misalnya :

  • “Ass, Askum” dalam ucapan salam.
  • “Mohd” untuk panggilan nama Nabi Muhammad.
  • “Mosque” untuk menyebutkan mesjid.
  • “4JJI” untuk panggilan Allah SWT.
  • “Mecca” untuk sebutan Mekah.
  • Mari kita gunakan sesuai dengan aturan. Karena kata kata diatas memiliki arti yang jauh melenceng dari apa yang kita maksud. Memang mungkin ini hal yang sepele, tapi alangkah baiknya kita mengindari kata kata diatas agar tehindar dari hal hal yang tidak di inginkan.

  • Jangan mengucapakan “Ass” atau “Askum” saat kita ingin mengucapkan salam. Karena “Ass” = Pantat, dan “Askum” = Celakalah kamu. Karena sejatinya salam itu adalah sebuah do’a, jadi lebih baik kita menghindari kata kata itu. Atau bila kita tidak sempat mengucap atau menulis “Assalammu’alaikum”, lebih baik tidak sama sekali daripada kita harus menyingkatnya.
  • Jangan mengucapkan atau menulis Mosque untuk menyebutkan Mesjid, karena Mosque adalah nyamuk.
  • Jangan menulis MECCA tapi MEKAH, karena MECCA adalah rumah anggur/bir.
  • Jangan menulis Mohd untuk Muhammad, karena Mohd artinya adalah anjing bermulut besar.
  • jangan menulis 4JJI untuk Allah SWT, karena 4JJI artinya For Judas Jesus Isa al masih.
  • Naaaaahh, dari kata kata diatas, yang sering gue temukan adalah kata “Ass”, “Askum”, dan “4JJI”. Kalo gue pribadi, jujur aja kadang sering mengucapkan “Askum” saat chatting. Dan alangkah terkejutnya gue setelah membaca notes ini. Dan alangkah baiknya mulai sekarang kita menjauhi kata kata diatas. Karena setiap ucapan kita adalah do’a. Jadi lebih baik kita gunakan kata kata yang baik saja. Hehehe.

    Semoga bermanfaat !!

    Thanks to Youdie Nirwana .

    Recent Post :

    Rewrited by 'setiaonebudhi'.png

    Posted by Wordmobi

    54 responses to “Berhati-hatilah Dalam Ucapan Atau Tulisan !!

    1. Ping-balik: (Upayakan) Bicara yang Bermanfaat, Begitupun Menulis « Usup Supriyadi

    2. Ping-balik: Sudah Benarkah AAMIIN Kita ?? « .:: setiaONEbudhi ::.

    3. He3, prnh bca yg sprti ini one, mkax sjak dlu gk prnh Q sngkat nulisx. Niz info bt tmn2 yg ln. Gk ada slhx klo slng mengingatkan bkn.

    4. Stuju banget ama postingan diatas. Gw ja dlu ada yg ngucap salam ‘meykum’ langsung tak omelin habis2an. Hahaha . . . Intinya postingan ini bener2 bermanfaat.

    5. satu lagi tu one, ada yang sering menyingkat Insya Allah dengan i-Allah / i-4JJI.. astaghfirullah.. mari kita saling mengingatkan, apalagi untuk salam karena salam adalah do’a..🙂

    6. info yang sangat bagus brow,emang jaman sekarang gt dah?padahal kan tulisan arab itu kita salah 1 hrf aja da beda bngt artinya,apa lg dsgkt sgkt??met puasa bro wawaw

    7. Itu benar sekali. Saya ngakak kalau membaca kata “ass” untuk assalamu’alaikum. Heran deh, kenapa sih hemat banget kalo SMS, bikin lengkap aja “assalamu’alaikum” emang napa? Susah amat….

    8. bro .. Thanx banget Infonya ! saya sering banget ngucapin itu ..tapi mulai skrg saya akan coba untuk tidak mengulanginya lagi ….

      Ijin copas bro.. Untuk di share buat teman2 fb ..

    9. eh 1st…..tadi n5800 w error… internet conect mulu……panik.com…..abis instal anti virus……langsung ma’nyus

    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s